Category Archives: Kue

Ultah mak ocoh 13.11.2015

tgl 13 kmrn tepat hari jumat sy ke rmh ma ocoh and ucapin selamat ultah yg ke 77 thn. Wih umur yg lumayan panjang dg kondisi kesehatan nenek sy yg ud konsumsi obat2 an kencing manis, darah tinggi and jantung sekitar 15 thn kl sy ga salah inget.

Hari kamis nya 12.11.2015 sy sengaja bikin kue ultah khusus buat nenek sy. Lalu sy berniat anterinnya di hari sabtu nya tgl 14. Krn si cathy pas jumat itu sekolah tktnya ngantuk and rewel diperjalanan ke citra. Tp sy putuskan akhirnya tetep hari jumat pegi krn mikir nti kuenya makin lama jd makin ga fresh kan kue tanpa pengawet.

Pulang sekolah cathy ga ganti baju tp sy bw in baju ganti, trus sy kerumah ambil kuenya. Ohya fyi sebelom sy ke citra sy smpet anterin istri temen sy ke daerah jelambar, krn temen sy lg outing kantor jd minta sy untuk anterin istrinya. Ya sy dg senang hati aj kl bisa sy bantu ya saya bantu, cuma emg sy blm pernah sama sekali krmhnya yg daerah jelambar, and krn itu bertepatan hari jumat diluar pemikiran saya and istri tmn sy sebut saja nana. Pas kita mau masuk jalan eh ditutup aj gituh tu jalan krn mau sholat ๐Ÿ˜“ akhirnya kita cari jalan lain and ga beda jauh ternyta ada perbaikan and ending ya ada juga jalan ud dkt rmh nana eh ditutup juga krn buat sholat. Ya ampun deh mungkin ini pertama kali buat sy ketemu kejadian kyk gini cuma kog ya kog gitu amat ya mau sholat aj merugikan org lain ga habis pikir tp berusaha maklum krn emg mereka mayoritas di negara ini. Ya sudahlah, and tetep bersyukur sy bisa melewati itu sblm sempet di tutup jd sy bisa lanjutin perjalanan ke citra, kl jalannya keburu di tutup sy musi muter2 lagi or nunggu 1 jam kelar mereka sholat baru jalanan di buka. Ga kebayang deh tinggal daerah situ yg pastinya tiap hari jumat bakalan ditutup jalanannya.

Kelar urusan anter nana yg harus bolak balik 2 kali ke mobil sy krn nurunin babynya dulu, trus balik lagi ambil tas baby. Kl langsung si kaga kuat krn berat and lumayan juga kl jalan kaki, sy nya ga turun tunggu dimobil sama cathy aj, nana juga nerobos  jalan kaki di kerumunan org2 yg lagi sholat. Sy nanya nana bisa lwt tu? Ya bisa aj ci, tp ya pasang muka tebel aj diliatin org2 yg lagi sholat๐Ÿ˜„. Perjalanan keluar jelambar bisa dibilang aga tersendat krn jalan aga sempit untuk dilalui 2 mobil and ada beberapa mobil yg parkir, jd musi gantian lewatnya, kl ada yg ga mau ngalah jd nya lbh tersendat and macet.

Akhirnya sampe juga di citra sekitar jam 12 siang sempet mampir beli soto ayam dulu buat nenek sy and buat makan siang si cathy. Sampe citra langsung makan, nenek sy happy sekali di datangin oleh sy and anak sy. Si cathy juga happy ketemu mak ocoh, sy ngak ngerti knp di panggil mak ocoh, sepupu sy yg punya anak manggil nya mak ocoh ya ud sy ikutan aj hahaha mungkin ini panggilan untuk buyut versi chinese๐Ÿ˜„. Kl sy manggilnya mak ing. Knp mak ing? Ya krn nama belakang nenek sy itu “ing” and panggilan mak untuk org jawa (jatim and jateng) yg artinya nenek. Kl org jkrt betawi manggil mak artinya mama yah.

Perayaannya ga ada, biasa kl dulu masi mudaan umurnya, kita pasti pergi makan di restorant krn skg ud pada sibuk masing2 jdnya ya sy berusaha tetep rayain drmh dg simbolis aj kue ultah. Knp kue ultah niat banget bikin knp ga beli? Lagi2 selain emg bertekad nti cathy ultah ke 3 sy mau bikin kue ultahnya sendiri, jd kue ultah mak ocoh ini sbgai trial and error, sblmnya sy juga ada bikin kue black forest buat ultah adik sy ( yg kejadian cathy di gigit anjing ). 

Selesai makan siang mak ing ganti baju and dandan krn mau foto, nenek sy ini termasuk modis yg dlm arti kl mau foto harus dandan dulu ( ganti baju and sisir rambut and pake lipstik ) nenek sy ini dulu muda nya adalah peragawati kelas bawah lah tp kl jaman itu ud dianggap hebat banget, ada beberapa foto2 nya yg pake baju renang bwkwkw seksi abis deh, sy si ga sepede nenek sy ituh๐Ÿ˜… and nenek sy role model nya adalah si nenek titiek puspa yg beda umur cuma setahun aj. Nenek sy kl liat titiek puspa tampil di tv yg dikomentarin kog cakep yah? Trus nanya si mak ing nanya ke saya cakep siapa ( ayu sopo aku ambek titik puspa )? Wkwk mau ngakak ga tu? Ya sudahlah akhirnya kita foto2 trus kelar foto barula dipotong kuenya and dimakan. Komentar kung2 sy kog kuenya kecil? Sy sengaja bikin kecil krn kan nenek sy ada sakit diabetes bisa naik gula darah nti kl di kasi makan kue byk2 dan anehny penyakit org diabetes itu malah emg suka yg manis2.

Lalu gmana komentar mak ocoh? Pas di makan mak ing langsung bilang enak lho enak iki tuku piro? Telung atus opo rongatus yoh( 300 or 200) ? Soale enak. Trus sy jwb nga beli ini sy bikin sendiri wih makin terkesima deh tu si mak ing  wah pinter ya enak lho kuenya, sy bilang iya tp kuenya kecil. Ga apa2 yg penting enak and berujung minta ditulisin resepnya and cara bikinnya krn nenek sy mau bikin sendiri ๐Ÿ˜„ ktnya mau dijualin di grja. Walah nek2 ud tua kog masi niat aj jualan. Kelar makan kue kita naik mobil muter2 komplek citra and berakhir sy pamit pulang. 

Cathy seneng sekali ktmu mak ocoh, krn td ga tidur siang akhirny cathy tidur dimobil tp pas ud sampe rumah tidurnya itu pun stlh sy marahin krn masukin kaset terbalik dimobil jdnya susah dikeluarin. Sy bukan cuma marain tp pukul and cubit tangan nya, ini hal masi jd pr banget buat saya, gmana bikin sy lbh sabar and ga hukum fisik ( cubit ) ke si cathy krn bandelnya itu ud mulai menjadi2๐Ÿ˜“

Ya sekian deh postingan yg tertunda akibat internet lagi eror๐Ÿ˜‚

 

satu resep jd 2 loyang
  
kue yg sempurna menurut sy
  
nah ini mixer philips yg wkt itu saya janjiin mau kasi liat perbedaannya sama yg merk cosmos
  
kl gagangnya ud terpasang ga bisa dilepas dr dudukan nya kl yg cosmos bisa
  
wadah yg lbh besar jd kl menuang bahan or ngayak lbh gampang drpd si cosmos
  
lumayan lah ya tp kejunya kurang byk
 
 
kue ke 2 buat makan sekeluarga drmh
  
ud cocok belom buka toko kue? hahaha
  
cathy poto dulu sembari nunggu mak ocoh lg dandan
  
tu kejunya jd kurang fresh stlh di kulkasin sehari semalam, untung deh sy pg di tgl 13nya
  
foto bareng ma ocoh kung2 coh sama q.kung
  
q.kung adek mama sy yg mengalami keterbelakangan mental
  
tiup lilin
  
cathy happy sekali
  
gmana? ga kalah cantik kan sama nenek titiek puspa
  
nangis lalu tidur abis sy cubit
 

Resep Butter Cake 20.10.2015โค๏ธ

Nah ini dia resep butter cake nya sudah di eksekusi and hasilnya enak banget tp di lidah saya aga kemanisan, next kalo bikin lagi sy kurangi gula nya. Sy males ketik ulang jd sy capture aj dr blog yg punya resep.

Resep ini sy pake 2 loyang knp? Ya habis liat you tube nya di bagi 2 loyang ya ud deh sy ikuti, ga berani coba jadi satu loyang takutnya nti ga mateng.

Kl menurut yg punya resep kita oven 35-40 menit, tp kita bole intip2 cek pas ud menit 20. Sy liat emg pas menit ke 20 ud ngembang tp atasnya masi aga lembek gitu lalu sy pakein api atas 5 menit untung nya di perhatikan terus kl nga nasibnya bisa sama kayak black forest sy kmrn yg gosong. 

Lalu bole tes tusuk liat apakah kuenya sudah mateng apa belom. Disini belajar juga menurut yg punya resep harus perhatikan selama di oven jgn sampe belom mateng ato terlau mateng alias overbaked krn akan bikin kuenya jd kering: ini kenyataan yg terjadi pas sy kmrn bikin black forest sy tusuk and byk yg nempel di lidi nah sy kira belom mateng lalu sy oven lagi, ternyata itu overbaked yaitu jd kering kue nya, kesimpulannya dr yg sy pelajari adalah tes tusuk tetep akan nempel di lidi kl kuenya belom mateng ato kuenya terlalu mateng. Kl mateng sempurna ga ada yg nempel di lidi. Jd kyknya resep black forest kmrn bukan nya kurang enak tp sy nya yg overbaked jd kering plus gosong.

Resep ini enak banget menurut sy makanya sy pede banget catat and bagi disini, sptnya ini nti akan jd base kue ultahnya cathy ๐Ÿ˜„

Note: 

Butternya sy pake merk orcid and sy tambahin 2 sdm wysman ๐Ÿ‘

di resep aslinya ga pake keju and coklat, tp ini sy toppingin sendiri plus olesannya pake sisa whipcream black forest kmrn.

Lumayan banget lho dpt 2 loyang dg 2 topping, biasa kl dijual 1 loyang itu harganya 150 ribu๐Ÿ˜„ ini dpt 2 loyang modal palingan 100 ribu๐Ÿ˜„

Selamat mencoba

โค๏ธ Happy baking โค๏ธ
  

bahan2 yg diperlukan

  
cara membuat

  
  

kuenya matang sempurna ๐Ÿ˜„

penampakan setelah dikeluarkan dr loyang
  
siap2 di toppingin
  

taraaa ini enak sekali ๐Ÿ˜„

  

Bikin black forest โค๏ธ 19.10.2015

Ceritanya terobsesi nanti mau bikin kue ultah sendiri buat cathy jd ini kue dibikin trial and error aja percobaan. Ga akan sharing resep nya tp sharing foto2 nya aj. Soalnya resep nya juga asal comot dr you tube and pas di eksekusi kog kue coklatnya rasanya kurang enak, aga keras and sedikit gosong eh byk deh. Maklum baru coba2 pake oven mertua yg built in sama kompornya.

Oiya mengenai oven ini ada cerita lucu. Jd kan kompor ini bisa buat oven tp kt mertua ngak bisa api atas rusak katanya, lah jd males lah bikin kue nya krn dulu niat banget mau bikin kue lapis. Lalu nanya ke si dorling gimana sih ni nyalain oven nya. Krn wkt beli tu kompor si dorling yg dpt mandat khusus dr papa mertua buat dengerin petugas kompor untuk stel and cetek2 in tombol2nya. And si dorling dengan entengnya bilang waduh gua ga tau, gua ud lupa. Akhirnya sy nanya ulang sama mertua gmana si nyalain oven nya pake api bawah lalu di jelasin kemudian sy jelasin lagi ke suami. Lalu si suami a.k.a si dorling jd ingat and bisa deh di nyalain api atas and api bwh. Joget2 deh akhirnya bisa pake oven ๐Ÿ˜„

Oiya sebelomnya sy niatnya mau bikin nya black forest kukus la secara oven nya kan masi belom bisa wkt itu. Eh pas ud bisa akhirnya tu tepung black forest kukusnya masi di kardusnya, and sy bikin black forest pake oven. Demikian penampakan foto2 nya ๐Ÿ˜„ 

 

hasil belanjaan awal niat bikin black forest kukus ๐Ÿ˜„

  
bahan2 bolu black forest
 
  
 
ni mixer cosmos yg pernah sy ceritain dulu, ini bisa di copot dr standingnya, kl yg philips ga bisa krn lubangnya tertutup
  
adonan bolu black forest
  
tara perdana pake oven kompor
  
gosong atas nya ๐Ÿ˜‚
 
 
wlpun atas gosong tp bwh nya mulus ๐Ÿ˜„
  
potong jd 2 buat di isi difilling
  
simple syrup sisa bikin puding, and selai bluberry
  
whipping cream bubuk ud siap di oles ke kue, si cathy doyan banget
  
lapisan ke 2
  
dan si cathy masi aj ga bisa move on dr whipcream nya
  
hiasan yg hampir jadi wlpun amburadul, whipcreamnya mulai mencair ๐Ÿ˜„( ni parutan coklatnya bagus panjang2 )
  
hiasan final ๐Ÿ˜„ lumayan lah ya ๐Ÿ‘ ( ni parutan coklatnya kecil2 kurang bagus )
  
 
mamer hasil ke dorling via bbm
  

mantap
happy baby dpt kue ultah
happy daddy juga
latihan tiup lilin , HAPPY 33 bulan CATHY
lagi menikmati kue black forest perdana

enak mama kuenya, cathy mau lagi ๐Ÿ˜„
Kl ada yg penasaran kog makan kue di dlm kamar? Jwbnya adalah kita belom makan nasi kl keliatan mertua nti malah di tegor ( blm makan malam kog malah makan kue ) jd cari aman makan di kamar, and sekalian bisa foto2 juga leluasa, kl di meja makan lbh ribet fotonya๐Ÿ˜„

Bikin Kue nya ternyta pas bertepatan dg cathy 33 bulan ๐Ÿ˜„, ludes ga kuenya?? Ludes dlm 1 hari krn di bw ke toko buat daddy, nai2, yeye makan.
Sedikit tips and pengingat buat saya juga, kalo menghias pake whipcream setengah jadi masukin kulkas dulu 15 menit baru hias lagi. Krn mencair kl terlau lama di suhu ruang. ( sy wkt hias ga tau tips ini makanya bingung kog makin lama makin meleber ke samping whipcreamnya jd susah di tempelin parutan coklat alhasil jd sy tmpelin ceri aj smping2 nya

Lalu untuk memarut coklat sebaiknya jgn pake tangan langsung tp pake pembungkus coklatnya, wkt memarut sebaiknya coklat sudah dlm suhu ruang krn jd nya bagus panjang2 bentuknya, kl marut dlm kondisi keras coklatnya jd rapuh kecil2 gitu. Tp ini si kembali kepada selera masing2 yak๐Ÿ˜„

Berikutnya sy hari ini bikin lagi kue : BUTTER CAKE nantikan resep nya di postingan berikutnya๐Ÿ˜„