Persoalan asi

Judul yg aga aneh yah 😄 stlh membaca ulang catatan drama asi thn lalu, sy mau nulis lagi tentang asi. Ini dikarenakan beberapa teman sy yg melahirkan gagal meng asi eksklusif bayi nya. Menurut saya ini penyebabnya

  1. Kurang pengtahuan tentang asi
  2. Org2 sekitar yg kurang mendukung
  3. Puting yg lecet

Menurut saya itu 3 point utama kegagalan asi 😄

1. KURANG PENGETAHUAN tentang asi ini bisa meliputi byk hal diantara nya

  • Panik krn abis lahiran kog asi saya tidak keluar??? Asi baru keluar stlh min 3 hari. Lah terus bayi saya 2 hari minum apa donk? Kan nangis terus. Bayi stlh dilahirkan itu masi punya cadangan makanan jd masi belum perlu asi byk. Ukuran perut bayi spt foto di bwh ini.

  

Lalu bayi menangis terus dan taraa , ibu mertua, ibu kandung , bapak mertua , bapak kandung, teman, saudara yg TIDAK pernah merasakan kasih asi pasti langsung bilang kelaparan tu minta susu. Ckck pak bu om tante namanya bayi ya cara ngomongnya lewat tangisan. Kl langsung bisa ngomong apa  ga kaget??? Ada 3 kemungkinan bayi menangis bahkan lbh.

  1. bahwa benar dia lapar mau minum asi.
  2. Mungkin pup or pee jd cek deh pampersnya
  3. Kedinginan ato kepanasan ato ya cuma minta digendong diajak ngobrol. Nah cek deh suhu kamar and suhu ac
  • Bekali diri dg cara membersihkan p*ting di trisemester 3 ( ini sy kerja kan ) tiap mandi saya pastikan tidak ada kotoran lemak yg menyumbat bagian p*ting
  • Bekali diri dg tau cara memijat pd, memerah asi dg tangan, memompa asi dg alat pompa ( ini yg saya ga tau sama sekali ktika melahirkan haishhh ) dan cara menyimpan serta menghangatkan asi. Dan sebaiknya asi perah tidak diberikan dg dot tp dengan cup feeder ato sendok. Memang nti nya pasti akan byk asi yg tumpah. Tp membiasakan dg dot bukan lah sesuatu yg baik. Menurut pengalaman teman sy mala memberatkan. Krn ada salah satu pengalaman teman yg asi eksklusif tp diberikan pake dot krn baby nya ga bisa hisap langsung dr pu*ting mama nya. Jd lah sang teman berkejaran dengan wktu. Pompa asi, lalu bayi bangun kasi asi lewat botol, bayi tidur, dia mencuci semua peralatan pompa, dot, botol mensterilkan lalu kembali memompa asi untuk mencukupi kebutuhan bayinya. Kl pake suster ya ga masalah sih buat ibu2 bekerja ya pasti kasi asip. Tp kl dikerjakan sendiri wduh bisa capek. Kl minum langsung dr sumbernya tinggal buka aj langsung sterile dr payudara.
  • Mengenai dot begini ya logikanya dulu pesan dr konsulen obgyn saya: bayi itu kl netek langsung dr ibu nya harus usaha mengenyot 5-10 kali kenyot paling baru dpt 1 tetes asi, bandingkan kl di kasi dot. Tidak perlu di kenyot itu asi ngucur sendiri dr dot nya tes tes tes ga usa capek2 Kenyot tinggal lngsung telen dpt makan kenyang tidur. Kl dr bayi kalian biasakan sesuatu yg instan gmana nanti sampe besar pasti mau nya yg instan2! Mie instan rasa soto enak neh !! Hahaha salah fokus.
  • Metode pemberian asi ya silahkan dipilih masing2 lah. Semakin byk di kenyot dipastikan asi melimpah bahkan berlebih liat kan ada beberapa ibu bisa jd donor asi.
  • Kl saya tidak minum or makan ayam arak. Hal ini si masi jd kontroversi, tp sy pilih aman dg tidak konsumsi itu krn tkt di sekresi ke asi. And hal ini juga cukup mbuat mertua sedikit marah krn sy sudah di belikan 30 botol arak !!! Iya 30 botol senilai kurang lbh 2 juta!! And saya tidak mau minum or makan setetespun # gppla jd menantu durhaka demi kasi asi terbaik buat si cathy #
  • Sy juga tidak konsumsi obat or jamu2 pasca melahirkan. Perut juga tidak saya korset krn rasa sesak and susah untuk posisi menyusui. Ya jdlah perut saya menggelambir hahaha bangga gitu harusnya malu yah 😂😂😂
  • Dari hari pertama melahirkan langsung susui bayi maka sy sangat menganjurkan untuk lahiran spontan krn bisa IMD ( inisiasi menyusu dini ) dan masa recovery lbh cepat ketimbang lahiran sesar tp ini individual ya masing2 org berbeda. Kl sy sakit sampe lbh dr 3 bulan masi nyeri2. Tp ada teman saya ga sakit. Dan tentunya menyelamatkan uang buat lahiran sesar bisa dialokasikan buat biaya imunisasi baby nya. Biaya lahiran sesar 2 kali dr lahiran normal.
  • Dengan asi ekslusif juga menyelamatkan uang dr susu formula yg menurut teman2 sy sebulan bisa 1-2 juta tergantung merk susunya.
  • Asi adalah yg paling baik untuk pencernaaan bayi dan antibodi bayi sudah saya buktikan sendiri
  • Kl ingin tambahan info lbh lengkap bisa datang ke klinik laktasi. Sblm melahirkan. Kl sudah melahirkan bakalan sulit. Buka you tube kl sy dulu telat tau nya ada sharing sr dr tiwi, trus buka you tube how to breast feed, how to latch on dsb. Maka bersyukur banget bisa dpt info2 dr you tube and gratis.
  • Punya alat pompa asi ini PENTING. !! Ini yg saya tidak beli krn mikir ya langsung aj netein ngapain di pompa2!! Kl awal2 masi susah asi maka bisa di bantu dg pompa. Sy pake yg manual merk medela. Itu aj ud berasa mahal banget !! Akhirnya cuma di pake 1 bulan saja krn sy lbh suka diperah pake tangan asinya lbh mantappp!! And alat pompa asi saya sudah muter ke 2 org yg menyusui dg wkt yg berbeda. Skg masi ada dibusui.
  • Dan yg paling penting kita nya happy jgn sampai kena baby blues ya. Krn biasa kl abis lahiran tu yg di perhatikan oleh yg berkunjung adalah bayi nya, ibunya kurang diperhatikan krn si ibu ud diperhatikan selama hamil 9 bulan. Curhat lagi 😂😂

2. ORANG ORANG SEKITAR YG KURANG MENDUKUNG

  • Kalo pengalaman sy sudah saya tulis di catatan sebelumnya DRAMA ASI
  • Ini sy mau bagi pengalaman teman2 sy
  1. GAGAL krn ibu kandung si ibu yg langsung suru kasi sufor di hari pertama bayi lahir
  2. GAGAL krn si ibu yg PANIK , STRESS  , NANGIS iya nangis berdua an ibi dan bayi nya. liat bayi nangis terus lalu melihat asi nya tidak keluar jd memutuskan kasi sufor biar bayi diam 
  3. GAGAL krn suami yg kasihan lihat istri kecapean jd menyarankan sufor aj
  4. GAGAL krn ibu mertua, iya kl tinggal bersama mertua bisa diambil alih tugas menyusui bayi. Ini khusus untuk ibu mertua yg FTM, kl mama mertua saya working mom jd ga gitu ktmu tiap saat, paling yg malam aj selesai kerja. Mama mertua saya pun sama selalu bilang musi tambah sufor mel nti nga cukup makanya cathy nangis terus. Mama dulu netein 1 bulan abis itu tambah sufor plus 1 bulan biasa ud boleh makan bubur jd lbh kenyang 😂😂😂

3. PUTING YG LECET

Hal ini juga bisa menjadikan gagal asi, krn kl sampe lecet berkepanjangan lalu payudara jd infeksi maka proses menyusui pasti dihentikan sementara krn akan diobati dulu nah krn si ibu minum obat maka tdk boleh menyusui.

Ya semoga catatan ini juga bisa jd reminder buat saya nti asi buat bayi ke 2 kl TUHAN percayakan lagi baby kepada saya. Krn konon ktnya kl anak ke 2,3,4,5 ud males jd kemungkinan bisa beralih ke sufor. Semoga tidak terjadi pada saya and semoga tuhan cepat percayakan anak ke-2 kpd saya. #lagi2 curhat 😄😃

Happy breasfeeding buat mama2 and calon mama. Semoga bisa berguna catatan ini☺️

 

Leave a Reply

