Clodi plus minus

ada yg familiar dengan clodi??? Clothdi=clodi=cloth diaper=popokbisa dipake berulang ulang. Pertama kali kenal istilah ini dr salah satu blog. Wkt itu saya masi hamil and membulatkan tekad nti kl anak saya lahir saya mau memakaikan clodi. Akhirnya saya bisa berbagi krn sy sudah pake sampai cathy usia 27 bulan. Sebenernya sudah dr awal pingin tulis tentang perclodian ini. Tp sy mau bener2 pakai and aplikasikan shg bisa berbagi lbh detail.

Kita bahas minusnya dulu yaπŸ˜„

  1. Mahal kl dihitung investasi jangka pendek maka akan terasa mahal kl jangka panjang akan jd murahπŸ˜„ satu clodi itu harga nya 50-70ribu bahkan ada yg 100-300 ribu. Saya si pake yg made in china ajlah ud cukup bagus.
  2. Susah and lama kering kl matahari lg sembunyi
  3. Repot krn harus di cuci pake tangan tidak bisa masuk mesin cuci krn bisa rusak. Kl cuci tidak bersih bisa masi tercium bau pesing.
  4. Bagi yg jijik dg pup or pee sangat tidak disarankan Pake ini πŸ˜‰
  5. Bisa bocor or tembus kl anaknya ud besar krn kencing nya bertambah banyak.
  6. Bau kl tidak cepat diganti
  7. Susah dipakaikan kl anak sambil berdiri krn sy punya yg model kancing2

Plus nya πŸ˜„

  1. Tidak menyebabkan iritasi pada kulit pantat and kemaluan krn bgitu bau pesing langsung ganti.
  2. Murah krn tdk terlalu bergantung dg pospak alias popok sekali pake. Sehari minimal kita pake 3 pospak. Sy pake pospak merk pampers uk L isi 36 jd bisa di pake selama 12 hari. Harga 70 ribu kl beli di toko khusus pmper kl di care4 82-100 ribu. Nah sebulan kl full pampers kita bisa buang uang sbyk 300 ribu bahkan lebih. Kl menurut tmn2 sy yg full pospak bisa 500-800 ribu buat pampers. Saya pakai kombinasi antara pospak and clodi. Mis kl keluar rumah ya pake pospak. 
  3. Bisa diwariskan nti kl cathy punya adik 😊
  4. Mengurangi sampah akibat pospak.
  5. Selama pake clodi bebas mau ganti popok berkali2 merem aj krn kan abis itu dicuci and bisa dipake lagi.
  6. sy sudah buang uang untuk pospak selama 27 bulan kira2 2,7 juta dg asumsi sy cuma pake 1 kantong sebulan yg sy bulatkan harganya 1 kantong = 100 ribu. Coba diitung aj kl  GA pake clodi bisa abis brapa?
  7. Investasi clodi saya kurang lebih 20 pcs =   Kalo dirupiahkan kira2 sejuta lah πŸ˜„. Ini ga mutlak sih, kl di minimalkan bisa beli 10 ajah ud cukup. Sy terlalu lapar mata and terlalu ketakutan ga kering, krn wkt itu lagi musim hujan.
  8. Gmana dg air and deterjen: emangnya itu ga dihitung? Ya itu pun sudah saya perhitungkan. Kl pake sleek detergen bayi sebulan saya hanya pake 3 kantong yg ukuran 450ml harga sekantong nya 14 ribuan. Jd untuk detergen ya sebulan keluar 50 ribuan lah. Kl untuk air berhubung masi menumpang sama mertua air nya free krn mertua yg bayarin πŸ˜€
  9. Bisa digunakan sbagai training pants juga. Skg kl ud pipis and basah ud minta ganti clodi nya.

Clodi yg saya punya rata2 insertnya isi 2 untuk awal2 pemakain saya copotin 1. Lalu untuk seterus nya bisa pake 1 or 2 insert tergantung pemkaian aj. Kl insert satu biasa nya suka rembes daya tampung pipis nya lbh sedikit ketimbang insert isi 2.

Sy punya juga yg model kancing (snap) sy kurang suka yg model velcro alias kretekan. Kl di cuci bisa nempel ke baju. Ini dlm kondisi direndam dengan pewangi bersama baju2 bayi.

Awal saya pake clodi setelah cuci sy rendam sebentar dg pewangi yg mana tidak dianjurkan. Krn sugesti aj kog berasa masi bau pesing. Suster sy dulu juga cuci clodi semua masi tetep bau pesing. 

Ternyata clodi memang harus kita sendiri yg cuci and rawat tidak bisa di delegasikan kepada suster or art. usut punya usut knp masi bau pesing ??? Krn bilas nya kurang bersih. Berikut2 nya saya ud cuci langsung peres and jemur. Kuncinnya harus bilas dulu dg air yg berulang2 untuk menghilangkan air pipis nya. baru rendem deterjen 15-20 menit. Lalu peras bilas cuci berulang sampe sabun deterjen bersih. Tanpa pewangi lagi. Jemur sampe kering insert clodi nya.

Saya juga tidak terlalu membandingkan daya serap clodi dg pampers yg mana di klaim oleh penjual2 clodi online sama kering dg pampers. Prinsip saya pokoknya ud dikencingin langsung ganti. Sedangkan kl prinsip pospak alias pampers kan supaya bisa di kencingin berkali2 and tetap kering.

Buat saya lagi saya bandingin kl saya perempuan aj setiap bulan menstruasi aj rasa ga betah seharian pake softex. Apalagi bayi selama kurang lebih ntinya 3 thn akan bergantung kpd pospak. Ya emang beda si kl pipis bayi kan air seni sdngkan kl menstruasi kan darah ya. Tp tetep aj rasanya ga enak mau itu air seni or darah. Ada yg mau coba rasanya pipis di pampers dewasa? Sy si blm pernah coba, cuma bayangin aj ud ngak enak rasanya πŸ˜„ apalagi bayi yg belom bisa ngomong. Lagian seinget saya. Jaman saya kecil tidak pernah pake pampers ato sptnya pampers blm ada ya. Ntahlah cari tau sendiri lah di om google.

Ya segitu aj yg bisa saya bagikan. Semoga cukup bermanfaat. Nti kl inget lagi sy tambahin.

Berikut foto2 cathy berclodi selama kurang lebih 27 bulan. And semoga sblm usia 3 thn ud bisa lepas pampers maupun clodiπŸ˜„

 

11.6.2013 cathy umur 5 bln
  

4.7.2013 cathy mau vaksin itu dlm nya didouble sama pampers
26.4.2013 umur 3 bulan
8.7.2014 umur 18 bulan

 

21.1.2015 umur 24 bulan

  

14.4.2015 umur 27 bulan posisi kl pake pamper or clodi selalu sy biasakan dlm posisi tiduran

 

14.4.2015 motif clodi yg sama ketika dipake usia 3 bulan

beberapa koleksi clodi cathy
penampakan clodi

  



Leave a Reply

