Banjir februari 2015

Hujan jakarta sudah di mulai sejak 8 februari malam. Lalu dirmh pukul 03.00 a.m ada yg pencet bel rumah. Beberap kali suami yang ud lelap tidur pun saya bangunkan. Lalu kita liat siapa yg pencet bel. Ternyata nobody there. Tapi air sudah naik semata kaki. Lalu ud pikir kl hujan gini terus pastilah akan banjir dan diputuskan untuk bangunkan papa mama krn mau pindahkan mobil ktpt yg lbh tinggi. Rumah si nga masuk air, tapi kl ud air naik mobil nga bisa keluar. Subuh2 itu pun kita pindah kan mobil. Masi nga ada kepikiran buat ikutan ngungsi. Krn banjir begini sudah biasa. Asalkan tdk mati listrik semua aman terkendali. Makin siang air makin naik lalu pemadaman listrik pun dimulai pukul 12.00 yg mana baru setengah jalan cuci baju pake mesin. Mati donk gitu aj. Terpaksa bilas and peres manual lalu jemur. Td nya masi mikir positip padam listrik gini ga akan lama. Tetapi apa yg tjd saudara2 mati listrik nya berlanjut sampe tgl 11. Lalu stlh 2 hari 2 malam ga ada listrik saya putuskan buat ngungsi krmh mama.

Air si ada. Cuma musi tampung dr dpn dan bawa masuk kdlm rumah untuk keperluan mandi dan bersih2. Saya tgl 10 smpet lho masak nasi perdana pake kompor pertama beras and air masak dipanci lalu pas ud mau matang pindahin pake kukusan hasilnya oke juga masi bisa kemakan walaupun kelembekan. Kemudian masak goreng ayam, goreng baso yg ada 3  kantong di goreng semua and dimasak kuah krn kulkas mati ngeri basi jd smua bahan makanan yg ada dikulkas dihabiskan. 

Setelah 2 hari 2 malam no listrik saya memutuskan ngungsi krmh mama. Lalu memikirkan gimana cara nya. Yg pasti keluar rumah pasti terobos banjir dg jalan kaki stlh itu tinggal nyari kendaraan buat sampe kermh mama. Tgl 10 malam ud beresin beberapa potong baju pampers and soft*k. Whattt a jacpot dpt tamu bulanan di kala banjir fiuhh. Pemikiran simple aj tinggal naik taksi nanti beres lah besok. Tp mlm itu sdh browsing2 pake hp suami dan nanya info dr tmn. Liat titik2 banjir kayaknya ga memungkin kan buat mencapai rmh mama. Tp tetep bertekad bulat harus keluar dr rmh krn kasian anak ga ada listrik plus mikir abis banjir nanti penyakit berdatangan aroma busuk dsb dsb. Jam 2 sy baru tertidur setelah browsing2 sambil kipasin anak yg lg tidur krn kepanasan jd rewel terus. Jam 7.15 sy sudah bangun dan bersiap pergi. Anak pun masi tidur saya bangunkan ganti pampers dan siap meluncur. Jalan keluar rumah suami gendong anak. Sy gendong ransel. Plus adek ipar yg juga akan pg kerja. Rencana nya sy akan diantarkan ke dpn sampe mendaptkan taksi. Eh tp kunci mobil suami ketinggalan donk. Gubrakkk deh saking buru2nya. Balik lagi ud nga mungkin deh mana hari itu masi rintik2. Lalu ikut adek ipar. Di dlm mobil ud telp taksi mau pesan. Tp blue bird menjawab fullbooked sampe jam 10. Haiya!!! Lalu ditengah jalan ktmu taksi saya tanya pak mau ke arah soekarno bisa? Wduh saya ud ga kuat bu mau ganti shift ud ngantuk maaf yah. Pupus sudah harapan saya naik taksi menuju rumah mama. Diperjalanan bersama adek ipar sy td nya mau naik taksi dr rs siloam. Tp mengingat ud 2 kali coba taksi nihil. Akhirnya saya putuskan dengan nekat yak kita naik angkot saja babyyyyy. Akhirnya berhenti di pintu tol kbon jeruk nanya 3 angkot pak sampe cengkareng ga? Nga cuma sampe puri. Lah trus saya gmana ke cengkareng nya? Ada nti sambung lagi. Saya ga ksitu macet bangettt. Taraa dimulai adventure ngungsi by angkot. Bener saja sampe purimall diturunin lalu sang sopir bilang tunggu aj disini bu nanti ada lagi angkot yg ke cengkareng. Sy sempet nunggu 5 menit sambil puter otak. Kayaknya ga mungkin ada angkot dtg lah wong kt dia kan macet banget tp di situ ada beberapa org yg nunggu. Akhirnya saya masuk mall puri nanya satpam. Pak taksi dimana? Disini bu tp jam 10 baru ada. Haishhh. Ya sudah saya putuskan jalan kaki kdpn mall puri ga ada tanda2 angkot lalu perjalanan dilanjutkan sampe menuju lampu merah perempatan puri kearah ciledug. Kaki ud rasa nya mau putus pinggang mau copot masi ditemani rintik hujan. Setelah jalan kurang lbh 15 menit ada angkot dan sudah full aj untung masi sisa 3 tmpat duduk. Saya nanya ke cengkareng pak? Iya.  Thx God bangettt ga sia2 jalan kaki. Disitu masi ada genangan air and beberapa motor mogok. Macet banget, saya jalanpun sampe susah cari celah. Berebutan space sama motor and mobil mepet semua. Andai bisa foto2 pingin saya abadikan. Sampe di cengkareng bukan berarti masalah selesai krn saya harus nyambung lagi angkot buat nyampe rmh mama. Sblm turun itu macet bener ke arah perempatan cengkareng and anak saya ud bilang mama mamam omg anak saya kelaparan. Sy liat jam tgn penumpng angkot menunjukkan pukul 09.15. Pdhal td dipuri saya smpet melewati toko donat j.co ud mikir mau beli. Tp otak saya mikir cepet kejarrrrr angkot.( wlpun belom tentu ada angkotny ). Lagian tangan ud penuh susah pegang donat lagi. Akhirnya turun dr angkot ada di samperin ojek. 

Ojek: Ayo bu naik mau kmana?

Sy: Ke citra 1 pak brapa? 

Ojek: Ud naik dulu? 

Sy: berapa dulu?

Ojek: 25 bu 

Sy melengos jalan. 

Ojek: Ud bu 20 aja. 

Sy: Iy kdpn dulu pak macet. Tu ojek menghalangi motor mobil yg mau lewat.

Akhirnya naik ojek sampe rmh citra tepat pukul 10. Sang ojek bagaikan penyelamat. Mungkin kl naik angkot blm sampe. And saya byr 25 sesuai permintaan sang tukang ojek.

Ojek: wah dilebihin ni?

Sy: iya pak makasi  byk yah ( for info kl naik taksi pun biasa cuma 20 ribu dr cngreng ke citra)

Ada ojek sungguh penyelamat banget. Lega deh sampe rmh mama bisa mandi makan and si bocah bisa bobo siang pake ac. And tidur pules.

Demikian kisah perdana ngungsi di kala banjir bersama bocah 2 thn 3 minggu. Rasa cape terbayar dg melihat senyum si bocah. Pengalaman yg tak terlupakan deh 😄

Pasti nti ada cerita ngungsi and banjir episode2 selanjutnya. Haha sampai jumpa di episode banjir tahun depan. 

Note:

Selama tinggal di jakarta sejak 1996 rmh citra bebas banjir. Dan ga pernah merasakan susah nya kebanjiran. 

Banjir 2012 blm merasakan krn masi tinggal di citra wktu itu nikah 2012 maret baru resmi tinggal di wilayah langganan banjir

Banjir 2013 ngungsi ke rmh sakit krn melahirkan tp keluar dr rmh pake kasur angin. Nga dikasi terobos banjir jalan kaki krn cukup dalam. Itu sudah mati listrik 3 hari dan brlnjut sampe hari kbrpa nga inget soalny drmh sakit. Saya happy drmh sakit nonggol si kecil😄 *bisa di baca di cerita lahiran saya*

Banjir 2014 sibocah ultah 1 thn banjir jalan kaki ambil kue ultah. Nga pake drama ngungsi krn mati listrik cuma 3 jam. Banjir lama tp listrik nyala terus.





Leave a Reply

