Resep kastangel cheddar tanpa kuning telur 

Awalnya saya agak ragu untuk eksekusi resep kastangels tanpa telur. Karena beberapa resep yg sy baca rata2 menggunakan kuning telur. Tp kl tidak di coba kan tidak tau bagaimana hasilnya. Jd mari kita eksekusi saja kastangels hari ini. Untuk bahan olesan tetep pake kuning telur. ( 6 feb 2015 perdana bikin kastangels )

Bahan:
  • • 400 gram terigu protein rendah ( kunci biru )
  • • 250 gram butter/mentega  ( wisman )
  • • 250 gram keju cheddar parut & keringkan dg cara di oven 5 menit ( merk diamond )
  • • 50 gram margarine ( blueband cake & cookies )
  • • 20 gram susu bubuk full cream ( sy tdk pake )
  • • 1/4 kaldu sapi blok ( sy pake 1 blok merk maggie )
  • • 1 sdm maizena ( sy pake 2 sdm )
Bahan olesan:
• 2 butir kuning telur dg sedikit madu ( sy tidak pake madu, saya larutkan dengan 2 sdm air matang & 5 tetes pewarna makanan kuning tua )
Bahan taburan
• 50 gram keju parut memanjang
Cara membuat
1. Mentega + margarine + kaldu sapi aduk rata dg mixer sebentar saja.
2. Masukkan maizena + susu bubuk +setengah tepung terigu aduk rata dengan garpu. Untuk step ke 2 ini saya masi aduk dg mixer sebentar saja. Tidak dianjurkan mengaduk dengan tangan konon kata master2 bisa bikin kue tidak renyah.
3. Tambah kan setengah keju yg sudah di oven aduk rata dg garpu
4. Masukkan sisa tepung aduk rata dg garpu
5. Masukkan sisa keju aduk rata dg garpu
6. Setelah adonan tercampur semua memang ga terlalu kalis krn sangat berminyak diamkan sebentar dikulkas 15 menit
7. Cetak adonan dengan cetakan kastangels ato dengan tangan juga bisa. Krn masi sedikit lengket adonan saya ambil segenggam tangan lalu saya tabur dg sedikit terigu. Cetak semua hingga adonan habis.
8. Oles dengan bahan olesan lalu tabur dg parutan keju
9. Panggang di oven 180 selama 30 menit sampai matang.
Saya bikin 2 resep hari ini dan sukses menghasilkan 5 toples lebih sedikit.
Bahagia itu adalah ketika membuat pertama kali lalu sukses berat 😄 rasanya enak krenyes2 kastangels keju nyam nyam
image
IMG_2728-0

 

Difoto cuma 4 toples krn 1 toples lagi sedang dipanggang😄
Difoto cuma 4 toples krn 1 toples lagi sedang dipanggang😄
IMG_2729-0
😄 Happy baking 😄
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s